Belajar Menulis pada JK Rowling

Setelah mangkrak dua tahun lebih (sampai ujung-ujung kertasnya kecoklatan dimakan panas, hujan, debu), akhirnya tergerak juga membaca buku ini, The Cuckoo’s Calling : Dekut Burung Kukuk. Satu dua tiga hari selesai. Sebuah novel kriminal karya Robert Galbraith yang tak lain dan tak bukan adalah JK Rowling. Ternyata sangat mengasyikkan dalam keseluruhan proses membacanya. Seruuuuu.
 
Cerita dibuka dengan terjadinya sebuah peristiwa besar, sebuah kasus yang nantinya akan dipecahkan oleh seorang detektif partikelir dalam lembar-lembar berikutnya. Cara menuliskannya sangat menyenangkan untuk diikuti. Membaca buku ini serasa melihat gambar bergerak, seperti menonton film.
 
TOKOH DAN KARAKTER
Penokohannya sangat kuat. Dari segi gambaran fisik maupun psikis. Tak ada karakter yang sempurna. Penyampaiannya lentur. Tidak kaku. Cara berpikir para tokoh bisa tergambarkan dengan baik. Apa yang dirasakan para tokoh juga tersampaikan dengan manis.
 
KONFLIK
Ada satu konflik besar dan konflik-konflik kecil yang menarik. Arus cerita menuju pada pemecahan konflik besar, dan sepanjang cerita konflik-konflik kecil antartokoh dimunculkan dengan apik. Setiap tokoh punya masalah. Tak ada satu pun yang bebas dari masalah.
 
DIALOG
Setiap tokoh mempunyai rasa bahasa yang berbeda satu sama lain ketika berdialog. Masing-masing punya ciri khas. Pilihan kata dan rangkaian kalimat disesuaikan dengan karakter.
 
SETTING
Tempat, benda-benda, dideskripsikan dengan detail. Ditulis dengan cara disebar melalui daya tangkap dan pengamatan tokoh-tokoh.
 
PLOT TWIST
Banyak kejutan di sekujur tubuh cerita. Semua tokoh terkait ditampilkan memiliki kemungkinan sama besar melakukan sesuatu yang berkaitan dengan kasus utama.
 
ENDING
Akhir cerita dieksekusi dengan sangat menawan. Seseorang yang sepertinya paling tidak mungkin melakukan sesuatu karena beberapa sebab, ternyata bisa menjadi sangat mungkin.
 
Aaahhh… kembali melihat naskah sendiri, yang mandek, yang jalan di tempat, yang nggak maju-maju… duuuh bisa nggak ya menulis sekeren itu *curcol :)))))
 
Yang udah baca novel ini, bagaimana kesan Anda? Akan disimak dengan senang hati komentarnya.
 
#InspirasiMenulisNovel
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s