Telah Terbit: Buku Pesawat Habibie

Buku Pesawat Habibie Sayap-sayap Mimpi Indonesia

Ketika Penerbit Puspa Swara meminta dibuatkan buku biografi Bacharuddin Jusuf Habibie, saya menyambut gembira. Tanpa berpikir, refleks saya mengiyakan. Menulis tokoh yang disukai memang jauh lebih mudah dan mengasyikkan, tak ada hambatan psikologis apapun.

Saya mengagumi banyak hal yang ada dalam diri BJ Habibie. Terutama semangatnya yang tidak mudah ditumbangkan dalam menjadikan Indonesia sebagai negara produsen pesawat terbang komersil.

Menjadikan Indonesia sebagai produsen pesawat terbang komersil? Bila melihat realitas yang ada dalam jangka pendek dan berpikir secara sempit dan dangkal, tampaknya memang jauh, terlalu jauh. Tapi, harus ada yang memulainya. Pada titik ini BJ Habibie mengambil peran. Dengan N-250, BJ Habibie telah menancapkan tonggak sejarah bahwa Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang mampu membuat pesawat terbang komersil.

Dan kini beberapa tahun kemudian setelah diguncang badai krisis politik dan ekonomi yang dahsyat, BJ Habibie kembali membuat gebrakan dengan R-80 penerus N-250.

Kagum pada semangatnya.

Ia tidak ikut patah bersama lepasnya kekuasaan dari genggaman.

Semangatnya tidak ikut mati bersama wafatnya sang istri yang begitu mengguncang kejiwaannya.

Habibie turun gunung dengan api mimpi yang terus terjaga dalam benaknya.

Saya tidak menutup mata, apa yang dilakukan Habibie tidak lepas dari kritik, caci-maki dan hujatan. Tapi dalam buku Pesawat Habibie Sayap-sayap Mimpi Indonesia, saya lebih senang melihat hal-hal baik dalam diri Habibie.

Sudah banyak buku tentang Habibie. Bahkan Habibie sendiri menulis dua buku, “Detik-detik yang Menentukan : Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi” dan “Habibie & Ainun”. BJ Habibie tetap saja menarik untuk diperbincangkan. Dari sekian banyak predikat untuknya, ada yang menyebutnya manusia multi dimensi, tak heran jika selalu ada sisi menarik yang bisa digali lebih dalam dari dirinya.

Dalam proses penyusunan buku ini, saya sangat terbantu oleh berbagai literatur yang cukup melimpah.

Buku Pesawat Habibie Sayap-sayap Mimpi Indonesia merupakan apresiasi pada kegigihan BJ Habibie yang sedang proses mendesain R-80 menuju penerbangan menjelajahi nusantara dan dunia.

Dan terutama sekali, buku ini dipersembahkan untuk generasi muda, anak cucu intelektual BJ Habibie. Seperti diketahui, Habibie senang menyebut siapa saja yang lebih muda dan masih usia sekolah sebagai anak cucu intelektualnya.

Buku ini cocok dijadikan kado untuk anak-anak usia sekolah/kuliah dalam momen ultah, kenaikan kelas atau kelulusan. Cocok bagi siapa saja yang ingin mengenal BJ Habibie lebih dalam.

Selamat menyelam ke kedalaman samudera hati dan pikiran BJ Habibie.

Semoga mendapatkan kegelisahan baru yang produktif.

10989139_755103857919922_6325431702003533736_n

Editor’s Note
Buku inspirasi untuk anak muda dalam berjuang meraih mimpi.
 
384 pages
 
Published October 2014 by PT Kata Media – Puspa Swara Group
ISBN13                                    9789791478625
edition language                       Indonesian

Arimbi Bimoseno’s Books

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s