Lotus

Foto Ilustrasi: https://www.facebook.com/DogaHayattir

 

Lotus, itu namamu, ada pula yang menyebutmu teratai
Kehadiranmu memberi arti, meskipun diletakkan di lantai
Kamu menyegarkan yang sedang letih dan ingin bersantai
Kamu menenangkan yang gelisah yang seperti sedang dirantai

Lotus, keelokanmu kadang membuatku terbius
Memandangimu membuatku lupa lapar lupa haus
Seolah kamu yang terpenting, hal lain tak terurus
Aku bicara apa adanya, tidak main-main, aku serius

Siang malam, aku memikirkanmu lotus
Kamu ada di sini tentu ada yang mengutus
Diakah pemilik nama sembilan sembilan, bukan seratus
Menjaga mata rantai kehidupan agar tak terputus

Lotus, kamu terlahir dalam kubangan lumpur
Namun, kamu tumbuh cantik walau tak berpupur
Kamu tersenyum sepanjang waktu sebagai pelipur
Lumpur tak mampu membuat semangatmu tergempur

Lotus, paduan warna-warnimu sungguh menawan
Menerbangkan khayalku terbang tinggi ke awan
Membuat mataku mengerjap, berkabut, berawan
Kadang membuatku lemah, tak kuasa melawan

Lotus, keindahanmu membuatku terpikat
Membuat hati dan pikiranku kadang terikat
Ingin rasanya merangkaimu dalam ikat
Agar tiap saat bisa menatapmu lekat

Kemudian kutimbang ulang tentang keinginan
Apakah cara demikian akan membawa kebaikan
Atau itu justru mempercepatmu menuju kematian
Kuputuskan biarkanmu tumbuh dalam kebebasan

Untuk bahagia, tak harus menguasaimu
Aku tahu, diriku tumbuh bersamamu
Dan juga, aku selalu mengagumimu
Semoga aku bisa meneladanimu

*********

Leave a Reply

