Dialog Romeo dan Qais

 

Romeo: “Andai aku bisa memutar waktu, aku tak akan menelan racun itu.”

Qais: “Sama, Bro. Andai aku bisa memutar waktu, aku tak akan bertindak bodoh dengan menjadi orang gila seperti itu, sampai aku dipredikati Majnun begitu.”

Romeo: “Kalau saja aku mengerti waktu itu, aku akan mengikhlaskan Juliet. Aku tidak akan memaksakan kehendak seperti itu. Karena kebodohanku, aku membiarkan diriku tenggelam dalam perasaan, kuikuti dorongan naluri rendahku yang terlalu mencintai Juliet.”

Qais: “Ya. Aku juga terlalu mencintai Laila, hingga membuatku gila. Memiliki Laila menjadi satu-satunya tujuan hidup bagiku waktu itu, hingga gelap mataku, hingga aku tak bisa melihat keindahan lain di dunia ini selain Laila.”

Romeo: “Ternyata mencintai tidak harus memiliki. Basi ya, Bro, tapi begitulah kebenarannya.”

Qais: “Yup, ada hal-hal yang tetap menjadi rahasia di dunia ini, tetap menjadi misteri, di luar kendali kita. Tak bisa semua harapan kita harus terwujud.”

Romeo: “Ya, tak semua hal bisa kita atur semau kita, tapi kita bisa menyesuaikan diri dengan apa yang terjadi pada kita.”

Qais: “Sepertinya itu cara Tuhan menguji tingkat keikhlasan manusia.”

Romeo: “Ya. Sudahlah, Bro, semuanya sudah terjadi, tak ada gunanya berandai-andai, ini bisa-bisanya imajinasi William Shakespeare saja.”

Qais: “Betul. Aku ini rekayasa pikiran Syaikh Sufi Mawlana Hakim Nizhami. Tapi jangan berpikir negatif pada pencipta kita, Bro. Kupikir mereka sedang menyampaikan pesan pada audiensnya, betapa meruginya manusia bila terlalu berlebihan mencintai manusia. Agar audiensnya berpikir lalu termotivasi mencari cinta sejati yang sesungguhnya.

Romeo: “Ya, Sob, aku setuju denganmu. Kalau aku sungguh-sungguh ada, aku tidak mau diatur-atur oleh Shakespeare.”

Qais: “Sepakat, Bro, aku juga tidak mau didikte oleh Nizhami. Kita punya pikiran, kita dilengkapi akal budi, kita yang harus berdaya menggunakan akal sehat kita sendiri.”

 

 

 

 

Leave a Reply

