Ketika Melintasi Perbuktian dan Jalanan Berlumpur

 

Memandang sekilas perbukitan yang kulalui hari ini, mengingatkan ulang tentang peran puncak dan lembah perbedaan. Keduanya diciptakan secara timpang, agar ada kesan subyektif-variatif yang memunculkan keragaman sudut pandang dan sikap.

Mata menjadi tidak jenuh, pikiran bergerak, terbawa pada lekuk-lekuk punggung dan pinggang bukit yang menyatu secara dinamis.

Perbukitan menggambarkan hidup yang tak pantas dinikmati secara statis seperti memandang searah dataran luas menghampar. Di perbukitan itu, ada pepohonan tertentu hanya sanggup tumbuh di bagian puncaknya, ada pula yang hanya mampu tumbuh di lembah. Ada yang tidak adaptif pada keduanya, kemudian suksesi alam menumbuhkannya pada tempat lain.

Alam menawarkan pilihan. Alam menyeleksi manusia-manusia unggul sesuai lingkungannya masing-masing secara adaptif. Tergantung pada kita dalam beradaptasi, memilih mana yang relatif sesuai atau menjalani secara paksa.

Demikian halnya melalui jalanan berlumpur hari ini, timpang seperti antara desa dan kota akan tetap ada. Roda berputar, waktu berlalu tapi jarak tempuh sering tetap terhenti. Tak kunjung tiba pada tujuan.

Banyak waktu terasa sia-sia dalam kubangan lumpur. Siapa tak lelah bila sisa umur habis hanya untuk berpacu di jalanan berlumpur, dan orang lain menghabiskan waktunya menunggu kita di pacuan lumpur itu.

Waktu sangat berharga. Setiap detik adalah masing-masing mereka yang berpacu atau hanya menunggu. Ada yang merayap seperti keong tergerus putaran roda waktu, ada yang melesat hingga detik-detik waktu menjadi terasa padat dan beraneka ragam. Tapi memang begitulah hidup ini, ada yang bergerak lambat ada yang bergerak cepat. Yang berlawanan dan bertentangan itu akan selalu ada sepanjang zaman.

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s